tokobukuistimewa

Kesalahan Mengajar Matematika Pada Anak

Posted on: February 26, 2011


Seringkali matematika menjadi pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Dan barangkali juga bagi kita ketika masih sekolah dulu. Padahal setelah dewasa, kita semakin menyadari pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Matematika digunakan ketika kita sedang bertransaksi, menghitung diskon, mengkonversi mata uang, menghitung bunga bank, menghitung pajak, menyusun budget belanja, hingga menakar bahan makanan di dapur. Bahkan matematika menjadi salah satu bagian penting bagi para akuntan, asuransi, konsultan keuangan, IT dan engineering. Namun ketika kita memiliki anak, orangtua kebanyakan enggan mengajarkan matematika kepada anak, karena merasa kurang menguasai bidang tersebut. Mereka menyerahkan pendidikan tersebut pada guru ketika anak sudah memasuki usia sekolah. Kesenangan anak belajar, termasuk matematika tergantung dari cara guru mengajar. Mereka beruntung jika mendapatkan guru matematika yang tepat. Tidak banyak orang yang tahu bahwa mengajarkan matematika pada anak usia sekitar 5-6 tahun sudah menjadi terlambat.

Orangtua beranggapan mengajarkan matematika kepada bayi adalah terlalu dini. Matematika dianggap pelajaran rumit dan baru bisa diajarkan saat anak berusi 5-6 tahun. Padahal matematika seperti bahasa lain bagi seorang bayi. Dan kita semua tahu, bayi teramat jenius dalam mempelajari bahasa. Otak bayi ibarat sponge penyerap air yang mudah sekali menyerap informasi dan pelajaran.

Matematika tidak seperti bahasa lainnya yang sehari-hari kita gunakan yang memiliki aturan tata bahasa yang tidak teratur dan kadang-kadang aneh.

Matematika justru lebih memiliki konsep yang lebih teratur, logis, gamblang dan mudah dicerna oleh otak bayi. Mengajarkan matematika sejak dini membuat anak jadi menyenangi matematika yang akan berguna pada kehidupan sehari-harinya kelak. Ketika ia dewasa pun, ia menjadi lebih punya banyak pilihan profesi yang bisa ia tekuni.

Cara terbaik mengajarkan bayi matematika adalah dengan menggunakan kartu-kartu berbentuk dots (bulatan), dibandingkan angka seperti 1,2,3 dst. Dengan kartu dots penemuan mutakhir Glenn Doman yang terdapat dalam Program Glenn Doman : How To Teach Baby Math membuat anak lebih mudah menerima konsep matematika.

Angka 1,2,3 dst sebenarnya simbol yang merepresentasikan jumlah. Dan pelajaran matematika sebagian besar dilakukan dengan “memanipulasi” simbol, seperti meminjam dua, atau dibawa 1, dan sebagainya.

Cara ini lebih sulit dibandingkan dengan menghitung berdasarkan fakta sebenarnya. Disamping itu, sistem representasi simbol ini menyerupai sistem pengajaran bahasa asing. Anak diajarkan tata bahasanya (grammar) terlebih dahulu, kemudian belajar berbicara, dan setelah beberapa waktu anak jadi berhenti mempelajarinya karena bosan.

Glenn Doman menggunakan kartu-kartu dots berukuran besar dengan gambar bulatan merah ditengahnya. Cukup ajarkan bayi anda dengan program Glenn Doman ini 3 sesi, masing-masing 30 menit dalam sehari, sudah dapat membuat anak menjadi senang dan pintar belajar matematika. Setelah anak sudah agak besar dan mempunyai konsep dasar penjumlahan yang kuat, anda bisa mengenalkan simbol-simbol angka kepadanya.

Pada usia 2 tahun, anak sudah bisa dikenalkan tahap pembelajaran matematika selanjutnya seperti yang terdapat pada seri buku Early World of Learning terbitan World Book dan Learning Math With Albert terbitan Educational Technologies. Dalam Early World of Learning, anak dikenalkan pada 93 keterampilan dan salah satu keterampilan yang diajarkan adalah matematika. Sedangkan pada Learning Math With Albert, anak dapat mempelajari matematika dengan menyenangkan, seperti dengan mengisi kotak teka-teki. Ilustrasinya pun bagus, membuat anak mudah memvisualisasikan matematika dan memahami hubungan angka dengan jumlah.

 

info : (031) 71134911 – 0899 3936 388

tokobukuistimewa@gmail.com

 

sumber : Buletin Childs TOP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2011
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: