tokobukuistimewa

MEMBANGUN KEBIASAAN MEMBACA PADA ANAK

Posted on: February 27, 2011


Kegiatan membaca buku merupakan kegiatan kognitif yang mencakup proses penyerapan pengetahuan, pemahaman, analisis, sintesis, dan evaluasi. Dengan terbiasa melakukan kegiatan itu, cakrawala pengetahuan, imajinasi, dan kreativitas anak dibuka selebar-lebarnya. Tidak berlebihan jika buku disebut sebagai jendela dunia sekaligus investasi masa depan.
Lantaran itu, anak perlu dikenalkan pada kebiasaan membaca sejak dini. Bukan hanya sekadar membaca, tapi lebih penting lagi adalah memahami apa yang dibaca. Anak boleh membaca buku apa saja selama isinya membawa nilai-nilai kebaikan. Anda akan melihat, si kecil tumbuh dengan semangat belajar yang tak pernah padam. Inilah yang dimaksud sebagai investasi: sifat pembelajar adalah salah satu kunci sukses di masa depan.
Hilman

MEMBACA, SALAH SATU FUNGSI LUHUR OTAK

Setiap anak memiliki “komputer baca” di otaknya. Kemampuan baca terkait erat dengan kerja sama fungsi otak dan pusat bahasa.

Proses membaca sebetulnya merupakan kerja otak yang menjalin kerja sama secara serentak antarpusat-pusat: pusat bicara, pengertian bahasa, pusat baca, dan pusat pengertian menulis.

Organ otak yang memiliki kepadatan seperti ‘tahu’ terdiri atas dua belahan (hemisfer) yaitu kiri dan kanan. Kedua bagian tersebut memiliki jembatan penghubung yang disebut batang otak. Ibaratnya sebatang pohon, otak besar merupakan mahkotanya dan pada bagian batangnya, di bagian bawah otak besar, melekat otak kecil. Otak besar, batang otak, dan otak kecil seluruhnya merupakan satu kesatuan fungsional.
Belahan otak kanan-kiri dibagi lagi atas baga dahi, baga pelipis, baga belakang kepala dan baga ubun-ubun. Kedua belahan otak memiliki fungsi dasar/primer yang sama, yakni sebagai pusat gerakan dan beberapa fungsi lainnya. Bagian otak kiri mengatur anggota tubuh bagian kanan dan sebaliknya bagian otak kanan mengatur anggota tubuh kiri. Ada pula fungsi perasa untuk merasakan rasa pedih, sakit, panas, dingin, dan sebagainya. Fungsi penglihatan terletak di bagian belakang kepala, dan fungsi pendengaran berada di bagian pelipis kiri. Fungsi-fungsi tersebut saling berhubungan antara otak kanan dan kiri.
Dinamakan fungsi luhur karena pusatnya terletak di lapisan luar otak atau korteks. Fungsi ini umumnya hanya terdapat pada satu sisi saja, yaitu di bagian sisi sebelah kiri. Nah, kemampuan membaca termasuk dalam fungsi luhur otak. Hal itu diketahui dari penemuan beberapa ahli tentang adanya pusat-pusat yang berkaitan dengan kemampuan membaca pada fungsi tersebut:
* Pusat bicara
Tahun 1861, seorang dokter Perancis, Broca, menemukan ada pusat bicara di bagian baga depan/dahi di belahan otak sebelah kiri. Jadi, ada pusat bahasa untuk aktif berbicara ekspresif. Ia menemukan pusat bicara ini setelah melakukan otopsi bagian otak pada pasiennya.
* Pusat pengertian bahasa
Wernicke, seorang ahli saraf Jerman menemukan pusat pengertian bahasa di daerah pendengaran kiri atau pelipis kiri, di belakang pusat pendengaran. Wernicke menemukan dari hasil otopsi pada pasiennya yang bisa bicara tapi tidak mengerti apa yang didengar dari bahasa orang lain, yang digunakan sehari-hari, padahal pasiennya ini bukanlah seorang yang tuli. Pasiennya ini mengalami yang dinamakan afasia sensoris (gangguan berbicara).
* Pusat baca
Decerine, seorang dokter Perancis menemukan adanya pusat baca di baga ubun-ubun sebelah belakang yang berbatasan dengan baga belakang kepala atau pusat penglihatan. Di daerah pusat baca ini tepatnya dekat ubun-ubun sebelah kiri terdapat pusat pengertian menulis. Temuannya ini didapat dari hasil otopsi pada pasiennya yang mengalami stroke, dimana yang bersangkutan tak bisa membaca (aleksia), menulisnya kacau, namun masih memiliki pengertian bahasa. Ternyata ia menemukan adanya kerusakan di daerah pusat baca tersebut.
Dari penemuan-penemuan tersebut dapat disimpulkan, proses membaca sebetulnya merupakan kerja otak yang menjalin kerja sama secara serentak antarpusat-pusat: pusat bicara, pengertian bahasa, pusat baca dan pusat pengertian menulis.

DAHULUKAN STIMULASI OTAK KANAN

Sebelum usia anak mencapai 6 tahun, yang berkembang lebih dulu adalah otak kanan atau emosinya. Otak kiri yang memuat kemampuan berbahasa, berhitung, dan kemampuan kognisi inteligensi lainnya juga berkembang. Bahkan, kemampuan kognisi sudah mulai berkembang sejak lahir, misalnya bayi belajar mengenai pengertian bahasa. Namun, di usia dini, akan lebih efektif jika stimulasi dilakukan dengan mengutamakan pengembangan inteligensi emosionalnya karena fungsi ini sudah siap lebih dulu. Salah satunya dengan cara bermain.
Lewat usia 6 tahun, otak sudah siap menerima program apa pun yang diberikan orangtua, seperti membaca, berbahasa asing, dan berhitung. Perkembangan fungsi otak ini akan terus berlangsung dan akhirnya mendekati volume otak orang dewasa saat anak berusia 11-12 tahun.
Asal tahu saja, otak manusia terdiri atas 100 milyar atau 10 pangkat 10 sel saraf otak (bisa dianalogikan dengan mega komputer yang terdiri atas 10 pangkat 10 chips) yang saling berhubungan satu dengan lain. Bisa dibayangkan betapa rumit dan kompleksnya struktur organ otak. Jika dalam perkembangannya otak mengalami gangguan, misalnya terjadi korsleting atau antarsel saraf tidak menyambung dengan baik, maka gangguan-gangguan ini tentu saja akan mengacaukan fungsi otak.

Narasumber: dr. Soemarmo Markam, Sp.S Pengajar Bagian Saraf FKUI-RSCM

sumber : http://wselahap.blogspot.com/2008/02/membangun-kebiasaan-membaca-pada-anak.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

February 2011
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: