tokobukuistimewa

MENGAPA GEMAR MEMBACA PENTING?

Posted on: March 1, 2011


Sebelum menanamkan kegemaran membaca pada anak, pastikan dulu Anda yakin akan manfaatnya.

Cara bertindak seseorang sangat dipengaruhi kebiasaan yang terekam dalam memori otaknya semasa kecil. Jika yang terekam ini adalah kebiasaan membaca, alhasil Anda tak perlu lagi memaksa anak belajar. Kesadaran untuk itu sudah tumbuh dalam dirinya melalui kegemaran membaca.
Kegemaran membaca memberi manfaat yang tak terkira. Anda tentu mengalaminya sendiri, bahwa sebagian besar proses belajar di sekolah harus dilakukan dengan membaca. Bacaan yang inspiratif juga membantu anak menemukan jati diri. Penemuan jati diri ini sangat berperan baginya untuk menemukan tujuan hidup saat melalui fase storm and stress di masa remaja dengan selamat. Mengapa demikian? Inilah awalnya:
– Bacaan adalah “jantung” yang memompakan semangat pemenuhan rasa ingin tahu. Bacaan, terutama buku, adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala
seseorang. Pantaslah kalau buku dinilai sebagai investasi masa depan. Mereka yang banyak membaca akan banyak tahu. Sementara mereka yang sedikit membaca tetapi ingin dianggap tahu, lebih pantas disebut sok tahu.
– Hampir seluruh proses belajar manusia didasarkan pada kemampuan membaca karena transfer teknologi dan informasi umumnya dilakukan lewat buku-buku.
– Bacaan merupakan jendela dunia yang memperluas cakrawala pengetahuan tentang berbagai hal yang terjadi di berbagai belahan dunia. Anak bisa menjadi pengelana dunia tanpa perlu berkeliling dunia secara fisik.
– Dengan banyak membaca, anak lebih mudah mengungkapkan perasaan, pemikiran, dan ide-idenya lewat tulisan karena membaca membuka kesempatan luas untuk berimajinasi. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna.
– Kesuksesan pendidikan anak sangat bergantung pada kemampuan membaca. Minat baca yang rendah memengaruhi kemampuan anak didik dan secara tidak langsung berakibat pada rendahnya kualitas mereka. Sejarah belum mencatat ada orang pintar dan hebat yang tak banyak membaca.
Yang perlu diingat, minat dan kemampuan membaca tidak akan tumbuh secara otomatis, melainkan harus melalui latihan terus-menerus atau pembiasaan.

Narasumber:
H. Sabaruddin,
Ketua Komite Minat Baca Seluruh Indonesia

http://wselahap.blogspot.com/2008/02/membangun-kebiasaan-membaca-pada-anak.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2011
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: