tokobukuistimewa

9 KUNCI MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK

Posted on: March 6, 2011


9 KUNCI MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK
1. JADILAH PEMBACA TELADAN
Jangan harap anak akan menyukai buku jika orangtua sendiri tidak pernah menyentuhnya. Maka, jadilah pembaca buku yang baik. Tidak hanya koran atau majalah yang dibaca, tapi juga buku penunjang lainnya seperti biografi, iptek, hobi, olahraga, sejarah, filsafat, sastra. Cobalah untuk memancing anak seusai membaca dengan mengatakan, “Papa sudah membaca buku ini. Isinya asyik dan memperluas wawasan. Kamu juga sebaiknya membacanya.” Jika anak melihat orangtuanya rajin membaca, maka secara otomatis ia akan mengikutinya tanpa perlu dipaksa.
2. BERIKAN PUJIAN
Berikan pujian jika anak mulai tertarik membaca. “Duh senangnya anak Mama rajin membaca!” Dengan pujian, anak akan cenderung menganggap perbuatan itu positif dan harus diulang. Namun, pujian seperti itu tidak terlalu efektif bagi si kutu buku. Untuk anak-anak seperti ini, orangtua bisa memberikan reward dengan membelikan buku-buku baru.
3. JADIKAN BUKU SEBAGAI ALAT BANTU
Anak mendambakan orangtua yang cerdas dan kritis, bukan orangtua yang sok tahu atau bahkan tidak tahu apa-apa. Oleh karenanya, jangan segan menjadikan buku sebagai referensi kala menghadapi pertanyaan anak yang Anda tidak tahu pasti jawabannya. Ajak anak menelusuri isi buku untuk mencari informasi yang ingin diketahuinya. Juga setiap kali anak mendapat tugas sekolah, biasakan untuk selalu mencari referensinya di buku-buku pengetahuan, bukan hanya buku-buku paket sekolah dan catatan belaka. Berikan panduan buku apa saja yang bisa membantu anak mengerjakan tugasnya. Jika buku tersebut belum dimiliki, cobalah untuk meminjamnya di perpustakaan sekolah atau perpustakaan umum. Dengan pembiasaan ini, minat anak terhadap buku akan berkembang menjadi kebutuhan terhadap buku.
4. DISKUSIKAN SELALU ISI BUKU
Mendongeng atau memberikan buku saja tidak cukup. Orangtua harus aktif mengajak anak berdiskusi tentang buku yang dibaca atau dibacakan agar ketertarikannya semakin besar. Pancinglah apa saja yang anak ketahui dan pahami tentang buku yang dibacanya lalu perbincangkan dengan seru. Tanyakan juga apa yang belum dimengertinya. Selanjutnya biarkan anak bercerita tentang buku yang baru dibacanya. Ini akan merangsang kemampuan imajinasi anak.
5. BUATLAH PERPUSTAKAAN KELUARGA
Konsepnya tak harus kelewat muluk. Cukup dengan memanfaatkan ruang yang ada. Bisa kamar anak, ruang keluarga, atau ruang lain yang cukup nyaman. Susunlah rak untuk menyimpan buku di situ. Urutkanlah rak itu berdasarkan buku-buku tertentu, seperti fabel (cerita bertokoh hewan) di rak pertama, komik di rak kedua, buku pengetahuan ilmiah di rak ketiga, novel di rak keempat, dan seterusnya. Pemilahan seperti ini akan memudahkan anak saat membutuhkan buku. Secara berkala, lengkapi koleksi perpustakaan keluarga dengan koleksi terbaru. Jika anak sudah memasuki usia sekolah, mintalah dia untuk ikut merawat dan merapikan perpustakaan keluarga.
6. JADIKAN BUKU SEBAGAI HADIAH ISTIMEWA
Di hari istimewa anak, hadiah buku-buku menarik dijamin sama berkesannya dengan hadiah mainan. Tentu saja setelah itu orangtua sebaiknya menemani anak membaca dan mendiskusikannya.
7. JANGAN MENARUH TEVE DI KAMAR
Kehadiran teve di kamar, apalagi kalau dilengkapi VCD/DVD player dan games, gampang sekali mengalihkan perhatian anak dari buku. Demi kebaikan anak, singkirkan benda-benda tadi dari kamarnya, kecuali anak terbukti mampu menjalani rutinitasnya dengan tertib. Ia tahu kapan harus belajar, pergi dan bangun tidur, membaca buku, dan boleh menonton teve.
8. AJARKAN MENABUNG UNTUK BELI BUKU
Saat ini, harga buku relatif mahal. Itulah sebabnya, orangtua bisa mengajari anak menabung untuk dibelikan buku. Manfaatnya, belajar mengelola keuangan dan menambah kecintaan pada buku.
9. AJAK KE PENJUALAN BUKU & PERPUSTAKAAN
Sebagai pengisi acara jalan-jalan di akhir minggu, ajaklah anak ke tempat penjualan buku dan perpustakaan yang berkoleksi lengkap, mutakhir, serta bersuasana menyenangkan. Tak perlu mentereng, yang penting tempat tersebut ramah anak. Penjual dan petugas di sana membolehkan anak membuka-buka dan membaca koleksi buku yang ada.
Konsultan Ahli:
Sri Razwanti Suciyati, Psi.
dari Essa Consulting Group

 

sumber :

http://wselahap.blogspot.com/2008/02/membangun-kebiasaan-membaca
-pada-anak.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2011
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: