tokobukuistimewa

KIAT MEMILIH BUKU UNTUK ANAK

Posted on: March 7, 2011


KIAT MEMILIH BUKU UNTUK ANAK

Pilihlah buku yang mampu memenuhi kebutuhan anak. Bila perlu yang dapat dimanfaatkan sepanjang masa.
Idealnya anak mulai diperkenalkan pada buku saat ia sudah dapat duduk dipangku atau duduk sendiri. Kira-kira sekitar usia 6 bulan. DR. Murti Bunanta SS., MA dari Kelompok pencinta Bacaan Anak (KPBA) mengatakan, di usia ini anak mulai dapat dengan nyaman melihat aneka gambar yang ada di buku. Ia pun dapat meraba dan memegang buku yang dibacakan untuknya. Melalui kebiasaan ini diharapkan akan terbangun anggapan bahwa buku adalah sesuatu yang menarik.
Pada dasarnya menurut Murti, tidak ada batasan kaku mengenai jenis buku yang dapat diperkenalkan dan dibacakan pada bayi dan anak. Ukuran buku, materi, dan temanya boleh apa saja selama itu baik karena tujuannya adalah merangsang anak untuk mengenal bahwa buku merupakan sesuatu yang menarik.
Bila ada pembatasan, Murti khawatir usia buku menjadi “pendek”. Padahal semestinya buku dapat dimanfaatkan “sepanjang masa”. Maksudnya, buku-buku untuk anak sedikitnya dapat dimanfaatkan sampai usia 6-7 tahun. Misalnya, pada si bayi orang tua membacakan informasi tentang buah-buahan, “Ini, lo, terung. Warnanya ungu.” Kelak setelah berusia 6 tahun, anak dapat membaca sendiri buku itu.
PEDOMAN
Namun begitu, Murti setuju jika orang- tua harus selektif memilih buku untuk anaknya. Antara lain, buku itu harus dapat meningkatkan pengetahuan atau intelektual anak, memperluas pemahaman tentang perasaan diri sendiri dan orang lain, serta pesan moralnya disampaikan secara wajar dan alami, tidak membebani anak. Mau tidak mau, orangtua harus ikut membaca isi buku anaknya.
Sebagai pedoman saat memilih, Murti memberikan beberapa kiat sehingga buku dapat dimanfaatkan secara maksimal:
* Perhatikan bahan yang digunakan
Pilihlah buku dengan bahan yang aman dan kalau bisa tak mudah sobek. Umumnya, buku-buku yang menggunakan bahan plastik, kain, atau karton tebal dapat menjadi pilihan saat memperkenalkan buku pada bayi dan anak batita. Mereka umumnya ingin ikut memegang buku. Jila tidak ada buku seperti itu, jangan langsung patah semangat. Gunakan buku yang terbuat dari kertas biasa. Relakanlah seandainya si kecil merobek buku tersebut sebagai upaya dari eksplorasinya. Yang terpenting tujuan untuk memperkenalkan buku dapat tercapai.
Perhatikan juga tinta yang digunakan. Pilihlah yang tidak mudah luntur karena di usia ini umumnya anak suka mengigit-gigit apa pun benda yang dipegangnya.
* Warna dan gambar yang menarik
Warna-warna yang cerah dengan gambar-gambar yang menarik mampu menarik perhatian anak pada buku. Untuk bayi dan anak batita, buku-buku dengan gambar yang besar dan tulisan yang lebih sedikit biasanya lebih dirasa menarik. Di usia ini, anak dapat membaca gambar tapi belum dapat membaca tulisan. Selanjutnya, untuk anak balita pilihkan buku-buku dengan teks yang lebih banyak tetapi tetap pendek sebelum memberikan buku dengan teks yang lebih banyak.
* Ukuran buku
Bisa bermacam-macam. Bila bukunya kecil dan enak dipegang, maka anak akan “bangga” punya buku sendiri. Sedangkan buku yang besar pun tetap diperlukan agar orangtua dan anak bisa membaca bersama-sama. Buku untuk anak juga dibuat dengan berbagai format dan bentuk. Ada buku pasel, buku bersuara, buku menyembul (pop-up book), buku kipas, dan sebagainya.
* Tema
Jangan batasi tema buku bacaan yang akan diperkenalkan kepada anak. Beragam pengetahuan yang diperoleh anak lewat buku dapat memperkaya wawasannya, baik wawasan intelektual ataupun emosionalnya. Berikan kebebasan kepada anak untuk memilih buku yang akan dibacanya, apakah itu novel, cerita pendek, cerita bergambar, ataupun buku-buku pengetahuan. Jangan batasi anak hanya membaca/dibacakan tema tertentu saja karena semakin beragam buku yang dibaca, wawasan yang didapatnya pun akan semakin bertambah.
Yang patut dihindari adalah buku-buku yang mengetengahkan hal-hal sensual. Akan tetapi, bila menyangkut pendidikan seks, sebaiknya diperkenalkan. Selain itu, hindari buku-buku yang isinya menghina agama dan keyakinan orang lain, diskriminatif (misalnya melecehkan wanita), maupun bersifat rasis. Untuk itu orang tua hendaknya mampu menilai sebuah buku dengan bijaksana. Jangan asal melarang. Baca lebih dahulu buku-buku tersebut dengan cermat dan bijaksana.

KOMIK KURANG MENGEMBANGKAN POTENSI BERBAHASA
Bahasa yang digunakan pada komik cenderung berupa bahasa percakapan yang sepotong-potong alias tidak lengkap. Jadi, meski anak-anak menyukai komik, kenalkan juga jenis bacaan lainnya agar potensi berbahasanya kian tergali. Selain itu, komik biasanya kurang menampilkan citarasa seni yang halus guna mengasah kepekaan anak terhadap gambar-gambar berkualitas dari picture book.

PENGUASAAN BAHASA IBU MEMBANTU PENGUASAAN BAHASA ASING
Menurut Murti , ada penelitian yang menyatakan semakin baik penguasaan bahasa ibu, maka anak akan semakin mudah untuk menguasai bahasa asing. Jadi, anak memang harus diarahkan untuk membaca buku-buku berbahasa Indonesia yang baik. Kelak ia akan memiliki keterampilan berbahasa yang baik sehingga memudahkannya menguasai bahasa asing.
Buku-buku bilingual yang memuat dua bahasa sekaligus dalam satu halaman dapat memberi banyak manfaat. Salah satunya adalah pemahaman bahwa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris berada sejajar. Tidak ada yang derajatnya lebih tinggi atau yang lebih rendah. Semua bahasa merupakan cara berekspresi yang menggunakan penalaran. Namun, buku yang memuat tiga bahasa sekaligus kurang dianjurkan karena kelewat membebani anak. Buku pun akan terasa penuh sesak dengan teks.

KAPAN ANAK BOLEH MEMILIH BUKU SENDIRI?
Tak ada batasan yang pasti perihal waktu yang tepat untuk mengizinkan anak memilih buku sendiri. Menurut Murti, anak yang gemar membaca umumnya akan aktif memilih sendiri buku bacaannya. Bebaskan anak untuk memilih buku sendiri dan orangtua hendaknya bersikap tidak melarang. Untuk mengarahkan anak, lakukan dialog berisi saran dan pertimbangan terbaik. Untuk itu dituntut kebijaksanaan ayah dan ibu.

sumber :

http://wselahap.blogspot.com/2008/02/membangun-kebiasaan-membaca
-pada-anak.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2011
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: