tokobukuistimewa

BETAPA HEBATNYA OTAK ANAK KITA

Posted on: March 21, 2011


BETAPA HEBATNYA OTAK ANAK KITA

Satu hal sering kita lupakan, Allah, menitipkan komputer Super Hebat di kepala anak kita! Yup, komputer itu bernama OTAK. Menjelang kelahiran, anak kita memiliki 100 miliar sel otak aktif (neuron), yang memiliki sekitar 50 triliun sambungan dengan sel otak lain, serta 1 triliun sel glia/perekat (melindungi dan memberi makan neuron). Cabang-cabang yang disebut dendrit itu terhubung dengan sel-sel lain dengan mengirimkan pesan-pesan elektris kimiawi.

Selama tahun-tahun pertama kehidupan, otak mengalami perubahan yang luar biasa, tapi  kegiatan neuron tersebut tidak spontan lagi, melainkan digerakkan oleh hasil pengalaman indra. Dalam bulan-bulan awal, perkembangan otak bayi sangat menakjubkan : setiap detik sel otak menghasilkan 3 miliar cabang!
Menjelang usia 8 bulan, otak bayi memiliki 1000 triliun sambungan….
Menjelang usia 10 tahun banyak sambungan otak yang mati namun masih meninggalkan 500 triliun sambungan. Ck…ck…ck… banyak amat…..

Kapasitas otak anak kita awalnya hampir sama dengan otak seorang manusia jenius lho…. Dan otak manusia nih, mampu menampung informasi yang ada di 500 ensiklopedia! Subhaanallaah….
Tapi sayangnya….. kebanyakan otak manusia hanya dipakai kurang dari 1% dari kemampuannya yang sesungguhnya…..

Juga pada usia tertentu, otak akan memusnahkan sambungan (sinapsis) yang jarang atau tidak pernah digunakan Para peneliti di Baylor College of Medicine menemukan bahwa apabila anak-anak jarang diajak bermain atau jarang disentuh perkembangan otaknya 20% atau 30% lebih kecil daripada ukuran normalnya pada usia itu. Waduh, sayang banget yah….
(Oleh J Madeleine Nash, Majalah Time, Edisi 3 Februari 1997)

Perbandingan sederhana otak yang jarang dirangsang dengan otak yang sering dirangsang dapat dilihat dibawah ini.

Demikianlah bukti-bukti yang menunjukkan pentingnya pendidikan anak sejak usia dini, karena ‘masa keemasan’ pertumbuhan otak anak ada di usia itu. Sering kali orang tua sibuk menabung untuk bekal kuliah anak berbelas tahun kemudian, tapi mengabaikan ‘tabungan’ di masa-masa keemasan pertumbuhan intelektual ini. Ada kecenderungan orang tua memasrahkan pendidikan anaknya ke sekolah, dengan menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik sering kali orang tua sudah merasa cukup. Padahal….

[tunggu postingan esok hari ya😉 ]

 

diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

March 2011
M T W T F S S
« Feb   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: