tokobukuistimewa

ATURAN PERDAGANGAN NABI

Posted on: June 12, 2012


Menurut Nabi, peraturan-peraturan berikut ini harus diperhatikan dalam berdagang.

  1. Penjual tidak boleh berbohong dan menipu pembeli mengenai barang-barang yang dijualnya. Sabda Nabi, “Jika dilakukan penjualan, katakan: ‘tidak ada penipuan’”.
  2. Pelanggan yang tidak sanggup membayar kontan, hendaknya diberi tempo untuk melunasinya. Selanjutnya, pengampunan hendaknya diberikan jika dia benar-benar tidak sanggup membayar. Seseorang akan dimasukkan ke surga karena pernah berdagang di dunia dan menunjukkan kebaikan kepada orang-orang, memberi tempo untuk melunasi utangnya, serta membebaskan pembayaran bagi yang sangat membutuhkan.
  3. Penjual harus menjauhi sumpah yang berlebih-lebihan dalam menjual suatu barang. Nabi berkata, “Hati-hatilah terhadap sumpah yang berlebihan dalam suatu penjualan. Meskipun meningkatkan pemasaran, ia juga akan mengurangi berkahnya.”
  4. Penjualan suatu barang menjadi sempurna hanya dengan kesepakatan bersama, atau dengan suatu usulan dan penerimaan. Nabi berkata, “Keduanya tidak boleh berpisah, kecuali dengan kesepakatan bersama.”
  5. Penjual harus tegas terhadap timbangan dan takaran. Nabi berkata, “Tidaklah suatu kelompok mengurangi timbangan dan takaran, kecuali mereka akan merugi”. Kepada para pemilik takaran dan timbangan, Nabi bersabda, “Sesungguhnya kamu telah diberi kepercayaan dalam urusan yang membuat bangsa-bangsa sebelum kamu dimusnahkan.”
  6. Orang yang membayar di muka untuk pembelian suatu barang tidak boleh menjualnya sebelum barang tersebut benar-benar menjadi miliknya. Nabi berkata, “Barang siapa membayar di muka untuk suatu barang, jangan biarkan dia menyerahkan barang tersebut kepada orang lain sebelum barang itu menjadi miliknya.”
  7. Nabi telah melarang bentuk monopoli dalam perdagangan dengan mengatakan, “Barang siapa melakukan monopoli, maka dia seorang pendosa.”
  8. Harga komoditas tidak boleh ada yang dibatasi. Anas meriwayatkan bahwa pada suatu ketika, harga-harga melonjak tinggi. Mereka meminta, “Wahai Rasulullah, batasilah harga untuk kami.” Nabi menjawab, “Sesungguhnya Allah-lah yang menaikkan harga, membatasi, melimpahkan dan membagikan bantuan makanan.” Ini merupakan suatu keputusan dalam menangani masalah perdagangan besar. Jika harga dibatasi, sehingga tidak ada perusahaan dagang dan niaga, perdagangan dunia akan terhenti.

Disarikan dari Ensiklopedi Muhammad SAW. Seri 3 – Muhammad Sebagai Pedagang.

Info : (031) 71134911 atau kirim email ke : tokobukuistimewa@gmail.com

Untuk cara pemesanan, silahkan lihat disini

sumber gambar : phinci.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

June 2012
M T W T F S S
« May   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: