tokobukuistimewa

FILOSOFI DI BALIK PERBEDAAN TARIF ZAKAT

Posted on: June 24, 2012


Jika seseorang menemukan harta terpendam tanpa mengeluarkan banyak tenaga dan biaya (rikaz). Bagian negara sudah semestinya tinggi, yaitu sebesar 20%. Di lain pihak, usaha hasil bumi (pertanian, perkebunan dan lain-lain) membutuhkan tenaga dan modal yang lebih banyak, sehingga tarif zakatnya lebih rendah daripada tarif zakat harta temuan. Jika tanah itu dialiri dengan tenaga dan modal dari pengelola, tarif zakatnya 5%. Tapi jika diairi tanpa modal dan tenaga-sepenuhnya bergantung pada curah hujan, aliran sungai, atau ngarai-tarif zakatnya adalah 10%. Perbedaan itu sebagai pengganti biaya tenaga dan modal yang dipergunakan dalam pengairan tanah tersebut. Selanjutnya, tarif zakat emas, perak serta barang dagangan adalah 2,5%, sebab akumulasi emas dan perak adalah suatu proses yang lebih rumit dibandingkan dengan pengolahan tanah. Pedagang, disamping menghadapi resiko rugi, juga tidak hanya menggunakan lebih banyak tenaga dan modal besar, namun membutuhkan pula intelegensia. Karenanya, pengelola patut mendapatkan penghargaan yang lebih besar. Jika emas dan perak dikenakan tarif yang sama sebagaimana diterapkan pada hasil bumi, ini akan menghambat atau boleh jadi menghancurkan usaha dagang itu. Dengan kata lain, tarif zakat 2,5% ini terutama dimaksudkan untuk mendorong perdagangan dan industri (jadi, semacam jenis pemberian konsesi pajak bagi pelaku usaha perdagangan dan industri).

Akhirnya, sudah umum diketahui bahwa pengelola tanah hanya memilikisedikit kebutuhan, tetapi dapat memenuhi sebagian besar (paling tidak kebutuhan pokoknya) dari tanahnya sendiri. Maka, dia berada pada posisi yang lebih menguntungkan daripada seorang pedagang yang biasanya adalah penduduk kota, yang harus membayar tunai setiap kebutuhannya disamping harus memenuhi tuntutan-tuntutan lainnya untuk hidup di kota.

Prinsip-prinsip utama yang mendasar diferensiasi tarif zakat untuk berbagai jenis pendapatan ini diringkas sebagai berikut :

  1. Zakat dikenakan terhadap semua anggota masyarakat yang kaya untuk dimanfaatkan oleh kaum miskin.
  2. Sama sekali tidak ada quid pro quo, yaitu pengembalian keuntungan kepada si kaya atas pungutan tersebut. Orang kaya yang membayar zakat tersebut tidak berhak memperoleh keuntungan apa-apa dari dana ini. Mereka hanya menyumbang dana ini, yang dicadangkan seluruhnya bagi anggota masyarakat miskin.
  3. Zakat hanya dikenakan kepada anggota masyarakat muslim
  4. Semakin sedikit jumlah tenaga dan modal yang dilibatkan dalam penumpukan suatu pendapatan, maka semakin tinggi tingkat pungutan zakatnya. Sebaliknya, semakin besar jumlah tenaga kerja dan modal, semakin rendah tingkat pungutan zakatnya.
  5. Zakat tidak dikenakan atas barang-barang yang mudah busuk atau rusak dalam masa beberapa hari, seperti sayuran
  6. Barang-barang yang tidak dipergunakan untuk produksi selanjutnya, yaitu barang-barang rumah tangga, hewan yang dipergunakan untuk kendaraan , alat-alat pengangkutan, tempat tinggal, alat-alat bantu dan lain sebagainya, tidak dikenakan zakat.
  7. Hewan-hewan yang tidak atau jarang berbiak (misalnya keledai), atau yang berbiak setelah waktu yang lama (misalnya gajah) tidak dikenakan zakat.

 

Disarikan dari Ensiklopedi Muhammad SAW. Seri 3 – Muhammad Sebagai Pedagang.

Info : (031) 71134911 atau kirim email ke : tokobukuistimewa@gmail.com

Untuk cara pemesanan, silahkan lihat disini

 

sumber gambar : amaliah-astra.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

June 2012
M T W T F S S
« May   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: