tokobukuistimewa

suatu hari seorang profesor hendak melak

Posted on: April 23, 2015


suatu hari seorang profesor hendak melakukan penyegaran pikiran (refreshing), dan ia pun pergi ke pantai untuk menikmati indahnya laut biru. Tak berapa lama, ia berjumpa dengan seorang nelayan yang hendak ke tengah laut dengan perahu kecilnya untuk menangkap ikan. Tergeraklah hati sang profesor untuk ikut dengan sang nelayan pergi ke tengah laut. Dalam perjalanan dengan perahu kecilnya ke tengah laut, sang profesor pun mulai melihat ke kanan-kiri-atas-bawah-depan-belakang.

Mulailah sang profesor bertanya kepada sang nelayan, “Hai nelayan, menurutmu seberapa besar komputer yang mengendalikan kapal besar itu?” sang profesor bertanya kepada nelayan sambil menunjuk kapal besar yang sedang mengarungi samudra luas.
“Mmm… mmmm …. saya nggak tahu, Pak, apa itu komputer,” jawab nelayan.
“Hah … di zaman seperti ini kamu nggak mengerti apa itu komputer? Wah … kasihan sekali kamu, berarti 25% hidupmu sia-sia.”
sang nelayan pun menerima komentar profesor dengan lapang hati, karena memang demikian adanya.

Tak berapa lama, sang profesor melihat ke air laut yang berwarna biru kehijauan dan memperhatikan ada sejenis binatang kecil yang terapung disana. Dan sang profesor pun bertanya kepada nelayan, “Hai nelayan, menurutmu binatang itu termasuk dalam jenis spesies apa, ya?”
Sang nelayan kebingungan, dan sambil garuk-garuk kepala ia menjawab, “Apa itu spesies, Pak, saya enggak ngerti …”
“Wah, kalau spesies saja kamu nggak ngerti, berarti 50% hidupmu sudah sia-sia.”
Sang nelayan semakin sedih, dan ia berfikir alangkah bodohnya dirinya

hari semakin sore dan langit pun semakin mendung. Tampaknya akan turun hujan, karena angin mulai berhembus dengan kencang. Melihat cuaca mulai berubah, sang profesor bertanya lagi kepada sang nelayan, “Hai nelayan, menurut Badan Meteorologi dan Geofisika, apakah hari ini akan turun hujan?”
Kembali sang nelayan stres dan bingung. Ia pun menjawab, “Saya sungguh tidak tahu, Pak, apa itu Badan Meteorologi dan Geofisika.”
sang profesor pun segera menimpali, dan berkata, “Wah…Wah…Wah… kamu ini sungguh-sungguh terbelakang; komputer tidak tahu… spesies tidak tahu… Badan Meteorologi dan Geofisika juga tidak tahu… ini berarti 75% hidupmu sudah sia-sia.”

maka sang nelayan semakin sedih, dan ia berfikir bahwa sisa hidupnya kini tinggal 25% lagi.

Tiba-tiba hujan turun dengan deras, disertai angin yang begitu kencang. Tampaknya hujan badai degera datang. Perahu kecil yang mereka tumpangi akhirnya terbalik terkena hempasan ombak dan angin kencang. Sang nelayan segera berenang dengan cepat menuju ke pantai. Namun tidak demikian halnya dengan sang profesor. Ia berjuang untuk tidak tenggelam ke dasar lautan, karena ternyata ia tidak bisa berenang. Sang profesor pun berteriak, katanya, “To… To… Toloooong, aku tidak bisa berenang, hup … oob… tolooong.”
dan dengan santai sang nelayan menjawab,”Hah…. profesor tidak bisa berenang, berarti 100% hidup profesor sudah sia-sia.” Dan sang profesor pun mati tenggelam.

MORAL MOTIVASI

setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak peduli dari mana ia berasal, seberapa tinggi pendidikannya atau seberapa kayanya dia, tetap saja tidak akan ada manusia yang sempurna. Oleh karena itu, dalam menjalani proses kehidupan ini, terlebih jika kita ingin hidup lebih maju dan lebih bahagia, kita selalu membutuhkan orang lain. Keberadaan orang lain sangatlah mutlak untuk mengisi kekurangan kita; untuk saling menguatkan, bukan untuk saling menghancurkan. Beberapa kunci ataupun prinsip kesuksesan yang sering dibicarakan tampaknya akan jauh lebih lengkap jika ditambah satu unsur lagi, yaitu kerendahan hati.

-Dikutip dari “Look Who’s Laughing”-
sebuah edutainment segar yang menggabungkan humor dan motivasi.
mau baca detailnya, silahkan beli di toko kami, hanya Rp. 20.000,- saja (belum ongkir)
COD area GKB, PPS, gresik kota dan sekitarnya juga oke🙂

Handi Suseno
HP : 085 103 134 911
email : tokobukuistimewa@gmail.com
facebook : Tokobuku Istimewa
twitter :…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2015
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Daftar Isi

Follow Us @bukuistimewa

TokoBuku Istimewa

Subscription



GRATIS artikel/info/promo terbaru langsung dikirim ke Email Anda

@bukuistimewa

%d bloggers like this: